Kamis, 10 Februari 2011

PERKEMBNGAN DAN STIMULASI ANAK USIA DINI

8 tahun pertama usia anak, terutama BATITA (Bawah Tiga Tahun) merupakan masa penting bagi kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak. Masa ini merupakan masa paling penting untuk meletakkan dasar-dasar kesehatan, mental, intelektual, spiritual dan social anak di masa mendatang. Pada masa ini anak tumbuh, berkembang dan belajar dengan lebih cepat dibandingkan dengan usia lainnya jika ia mendapat perawatan dan pengasuhan yang dilandasi cinta dan kasih saying, perhatian, pemeliharaan kesehatan, pemenuhan makanan bergizi, dan memberi rangsangan yang mendorong perkembangan anak.

Apa yang harus diketahui oleh setiap keluarga dan masyarakat tentang perkembangan dan stimulasi anak usia dini ?

  1. Perawatan, pengasuhan dan perhatian yang diberikan kepada anak-anak sampai dengan usia 8 tahun merupakan hal yang sangat penting karena akan mempengaruhi masa depan anak.
  2. Anak hingga usia 8 tahun dapat tumbuh, berkembang dan belajar dengan sangat cepat jika orang tua dan keluarganya memberikan asuhan dengan penuh cinta dan kasih saying, pemeliharaan kesehatan, pemenuhan makanan bergizi dan memberikan rangsangan yang mendorong perkembangan anak.
  3. Orang tua dan keluarga harus memberi kesempatan dan mendorong anak untuk bermain, menggali dan melakukan percobaan-percobaan untuk membantu berkembang secara optimal baik fisik, mental, intelektual, spiritual dan social.
  4. Anak hingga usia 8 tahun belajar dengan cara meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang yang paling dekat dengan mereka.
  5. Setiap orang tua dan pengasuh anak harus mengetahui kebutuhan anak agar sehat, tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar